Tarjih

Tarjih

MediaMU.COM

Jul 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Kriteria Manusia Yang Berkualitas

Question: Bagaimana kriteria manusia berkualitas baik dihadapan manusia dan di hadapan Allah? Mohon penjelasan dan dalilnya!

Answer: Rumusan manusia berkualitas menurut GBHN tahun 1988 sub sektor Pendidikan, yang antara lain berbunyi: "Pendidikan nasional berdasarkan Pancasila bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, berdisiplin, bekerja keras, tangguh, bertanggungjawab, mandiri, cerdas dan trampil serta sehat jasmani dan ruhani ...".

Rumusan demikian tidak bertentangan dengan ajaran Agama kita Islam, bahkan boleh dikata sesuai. Kalau saja setiap orang mengamalkan dengan baik rumusan itu, khususnya bagi ummat Islam dengan kacamata Agama Islam, kualitas yang demikian akan sesuai dengan perintah-perintah Allah dan Rasul-Nya yang terdapat pada Al-Quran dan Sunnah Nabi. Kita ambil saja beberapa kriteria yang sangat pokok dalam Agama Islam yakni, beriman dan bertaqwa dan berbudi pekerti luhur yang dalam Islam disebut berakhlaqul karimah. Tentang iman, dan berbudi pekerti luhur sangat erat hubungannya. Banyak ayat yang menjelaskan maksud beriman, tetapi mengingat tempat kita ambil saja satu dari banyak ayat yang terdapat pada Al-Quran, misalnya ayar 15 surat Al Hujarat:

اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ ثُمَّ لَمْ يَرْتَابُوْا وَجَاهَدُوْا بِاَمْوَالِهِمْ وَاَنْفُسِهِمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۗ اُولٰۤىِٕكَ هُمُ الصّٰدِقُوْنَ

Artinya: Sesungguhnya orang-orang mukmin yang sebenarnya adalah mereka yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjihad dengan harta dan jiwanya di jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar.

Menurut hadis nabi yang menerangkan tentang iman, kita dapati bahwa selain iman itu berupa eyakinan yang teguh kepada allah dan malaikat, kitab dan Rasul-Nya dan hari kemudian (Muttafaq'alaih), juga iman berisi sik yang baik terhadap orang lain (riwayat Al Bukhari) dan bersikap yang ba dan terpuji. Iman dan amal salih dua hal yang selalu berkaitan tak dapa dipisahkan satu dari yang lain. Kiranya tidak salah kalau disimpulkan bahwa iman itu meliputi keyakinan dalam hati, ucapan dengan lisan dan perbuatan dengan segenap anggota, maksudnya perbuatan yang diperintahkan Allah. Karena iman yang ada pada seseorang dengan segenap konsekuensinya dengan hasil amal dan perbuatannya yang baik seseorang akan mendapat amanah atau kepercayaan orang banyak, yang menunjukkan hubungan iman seseorang dengan kualitasnya, sesuai dengan hadis Nabi riwayat Al Bukhari dan Ibnu Umar yang artinya: Tidak memiliki iman yang sempurna bagi orang yang tidak lagi melaksanakan amanat.

Taqwa juga sebagai kriteria manusia yang berkualitas. Banyak ayat menyebutkan kriteria taqwa yang menunjukkan kualitas manusia, antara lain seperti tersebut pada ayat 16 dan 17 serta ayat 134 surat Ali Imran yang singkatnya bahwa orang taqwa adalah orang yang mawas diri akan kekeliruannya kepada Allah dan orang yang mampu mengendalikan kejengkelan dirinya dan yang pemaaf Surat Ali Imran ayat 17:

الخيرين والصَّدِقِينَ وَالْقَنِتِينَ وَالمُنفِقِينَ وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِه 

Artinya: (Orang-orang yang taqwa) yaitu orang-orang yang sabar, yang benar, tetap taat, yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, dan yang baik, memobon yang ampun di waktu sahur.

Surat Ali Imran ayat 134:

ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ فِى ٱلسَّرَّآءِ وَٱلضَّرَّآءِ وَٱلْكَٰظِمِينَ ٱلْغَيْظَ وَٱلْعَافِينَ عَنِ ٱلنَّاسِ ۗ وَٱللَّهُ يُحِبُّ ٱلْمُحْسِنِينَ

Artinya: (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

Budi pekerti luhur termasuk kriteria kualitas manusia. Dalam Islam sangat besar arti akhlaq atau budi pekerti seseorang sebagai kriteria kualitas seseorang, seperti tersebut pada Hadis Nabi riwayat Al Bukhari dari Ibno Umar.

ان مِنْ أَخْبَرِكُمْ أَحْسَنَكُم خُلُقًا (رواه البخاري عن عبداله بن عمرو

Artinya: "Sesungguhnya yang paling baik di antaramu adalab yang paling bagus budi pekertinya" (HR. Bukhari dari Abdullah bin 'Amr).

Selanjutnya banyak ayat dan As Sunnah yang menunjukkan pentingnya sifat-sifat disiplin, bertanggungjawab dan sebagainya, sebagai kriteria kualitas manusia menurut pandangan agama.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here