Tarjih

Tarjih

MediaMU.COM

Jun 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

MASALAH SHALAT JAMAAH: Cara Mengajak Shalat

Tanya: Bagaimana cara Nabi Muhammad saw mengajak suatu kamu agar mau mendirikan shalat? (Susilo, Jl. Mayor 1123, Pagaralam, Lahat, Sum-Sel).

Jawab: Arti mendirikan shalat dalam arti luasnya bukan sekedar melakukan shalat, tetapi juga melakukan dan melaksanakannya berjamaah di tengah masyarakat. Untuk itu ditempuh dengan jalan menyadarkan akan pentingnya melakukan shalat baik untuk dirinya, keluarga maupun masyarakatnya. Dalam mengajak agar orang lain mau mengerjakan shalat dengan perbuatan dan bacaan yang benar, misalnya dalam melakukan gerakan-gerakan sesuai, maka diberi tuntunan baik dengan lisan maupun dengan contoh. Demikian terhadap orang yang baru mempelajari dari permulaan. Bagi yang telah biasa melakukan tetapi karena kurang kesungguhannya sehingga kurang sempurna maka diperingatkan mereka dengan sedikit ancaman yang mengandung motivasi agar melakukannya dengan baik, seperti diberikan kepada perorangan maupun anggota masyarakat yang tidak melakukan shalat jamaah agar mereka mendirikan jamaah di kampung-kampung.

Dalam hal bacaan pun Nabi memberi pelajaran sesuai dengan prinsip tadrij, artinya sedikit demi sedikit. Ada bacaan yang panjang tetapi juga bacaan yang pendek bagi yang belum dapat membaca yang panjang. Bahkan bagi yang telah dapat melakukannya, diberikan batas-batas bacaan, demikian pula mana yang dibaca keras dan dibaca pelan. Apa yang dikerjakan Nabi adalah berdasarkan yang diajarkan Allah kepadanya melalui malaikat Jibril yang kemudian oleh Rasulullah diajarkan kepada ummatnya. Demikianlah sedikit tentang cara Nabi mengajarkan shalat, berdasar pada beberapa Hadis dan ayat yang dapat kita pahami, untuk keluarga dan ummatnya. Bagi anak-anak kecil ajakan shalat dengan lemah lembut. Bagi anak yang sudah tamyiz ajakan dilakukan dengan sedikit keras.

Sumber: Buku Tanya Jawab Agama Jilid II, Halaman 95-96

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here