Tarjih

Tarjih

MediaMU.COM

Jun 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Anak Menjadi Qurrota A’yun

Ada salah satu keluarga, semua anaknya sekolah di Muhammadiyah. Meski mahal, Allah SWT mencukupi rizki, kebutuhan dan pendidikan anak-anaknya: SPP, buku dan sebagainya.

Menurut kepala keluarga itu, yang dibutuhkan adalah menaikkan kapasitas dan kualitas mencari rizki. Bukan mengurangi beban pokok kebutuhan.

Allah SWT memudahkan semua urusan ekonomi keluarga sederhana itu, meski ke empat anaknya sekolah di Muhammadiyah. Dan pada tahun pelajaran 2018/2019, sebagai kepala keluarga mengeluarkan uang sekolah anaknya sebesar Rp 35 juta.

Atas kebutuhan itu, sang ayah minta kepada Allah SWT agar mencukupi. “Ya, Allah. Mampukanlah aku dalam mencukupi kebutuhan anak-anakku sebagai titipan-Mu,” begitu kata sang ayah.

Tidak lama kemudian, Allah SWT pun lantas menjawab apa yang dikeluhkan sang ayah. Uang sebesar Rp 35 juta tersedia. Juga bisa membayar rumah sederhana seharga Rp 89 juta.

“Bila kita ngomongin anak adalah titipan Allah SWT. Dan seamanah-amanah orang yang dititipi Allah SWT adalah memberikan hak kebutuhannya sesuai dengan tujuan Allah SWT menitipkan pada kita,” begitu kata sang ayah.

Menurutnya, Al-Qur’an mengklasifikasikan kedudukan anak menjadi empat golongan: anak sebagai musuh,  anak menjadi fitnah atau ujian, anak sebagai perhiasan dan anak sebagai penyejuk atau penyenang hati.

Dari ke empat kriteria itu, kita hanya mau anak-anak kita menjadi qurrota a’yun.

Muhammadiyah punya tradisi literasi, sumber daya manusia dan arkeologi sejarah paling mutakhir di segala zaman. Bahkan tradisi belajar menulis, berhitung dan bacanya paling tua.

Tidak bisa kita titipkan anak-anak kita untuk menjadi qurrota a’yun ke selainnya. Mau berapapun mahalnya biaya pendidikan Muhammadiyah kita akan cukupi. “Karena urusanku adalah menjadi bapak yang amanah untuk anaknya, titipan dari-Nya,” kata sang ayah itu yang selalu on fire tidak letih menjemput seribu pintu rezeki dan jalan yang tiada disangka.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here