Tarjih

Tarjih

MediaMU.COM

Jul 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Q & A AD-DIN 34: Bacaan Bilal Saat Melaksanakan Shalat Idul Adha

Question: apakah yang dimaksud dengan bacaan bilal dan apa yang pelu di baca?

Answer: sholat idul adha merupakan perintah sekaligus amalan dari Allah swt. Melaksanakan sholat idul adha ini dengan keikhlasan dan sungguh-sungguh akan mendatangkan kasih sayang dan pahala besar dari Allah swt. Bukan hanya itu melaksanakan shalat ini dengan ikhlas dan sungguh-sungguh akan mendatangkan keberkahan bagi orang yang melaksanakan sholat idul adha ini. Sholat ini juga sebagai penyempurna ibadah kurban yang mana sebagai penghapus dosa setahun lalu dan setahun yang akan datang. Yang mana dilaksanakan pada 10 Dzulhijjah atau hari setelah kita melaksanakan puasa sunnah Arafah. Idul adha ini sekaligus peringatan kepada kita tentang sebuah ketaatan Nabi Ibrahim a.s terhadap perintah Allah swt. Untuk mengorbankan anaknya yaitu Nabi Ismail sebagai bukti ketaatan nya. 

Adapun rangkayan sholat idul adha ada bacaan yang disebut dengan bacaan bilal Ketika imam datang dan siap memulai sholat idul adha dengan memberikan aba-aba bilal berdiri dan mengumandangkan:

  1. Bacaan Bilal Idul Adha sebelum Salat Id


الصَّلَاةَ سُنَّةً لِعِيْدِ الأَضْحَى جَامِعَةً رَحِمَكُمُ اللهُ

Artinya: "Marilah kita salat sunnah Idul Adha berjamaah," Lalu Jemaah menjawab,

الصَّلَاةَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ
Artinya: "Salat itu (mengikrarkan aktualisasi): Tiada Tuhan selain Allah,"

2. Bacaan Bilal Idul Adha setelah Salat Id


مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ وَزُمْرَةَ الْمُؤْمِنِيْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، إِعْلَمُوْا أَنَّ يَوْمَكُمْ هٰذَا يَوْمُ عِيْدِ الْأَضْحَى وَيَوْمُ السُّرُوْرِ وَيَوْمُ الْمَغْفُوْرِ، أَحَلَّ اللهُ لَكُمْ فِيْهِ الطَّعَامَ، وَحَرَّمَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامَ، إِذَا صَعِدَ الْخَطِيْبُ عَلَى الْمِنْبَرِ أَنْصِتُوْا أَثَابَكُمُ اللهُ، وَاسْمَعُوْا أَجَارَكُمُ اللهُ، وَأَطِيْعُوْا رَحِمَكُمُ الله

Artinya: "Wahai sekalian kaum muslimin dan golongan kaum mukminin, semoga Allah memberi rahmat kepada kalian. Ketahuilah sesungguhnya hari kalian ini adalah Hari Idul Adha, hari bahagia, dan hari pengampunan. Allah menghalalkan bagi kalian makan pada hari itu dan Allah mengharamkan bagi kalian puasa pada hari itu. Apabila khatib naik ke atas mimbar, perhatikanlah, dengarkanlah dan taatilah, semoga Allah memberi rahmat kepada kalian,"

  1. Bacaan Bilal Idul Adha sebelum Khutbah

    اللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، اللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِناَ وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ، اللهم صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَاناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ ... اللهم قَوِّ الْإِسْلَامَ وَالْإِيْمَانَ، مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، وَانْصُرْهُمْ عَلَى مُعَانِ الدِّيْنِ، رَبِّ إخْتِمْ لَنَا مِنْكَ بِالْخَيْرِ، وَيَا خَيْرَ النَّاصِرِيْنَ بِرَحْمَتِكَ يَآأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

    Artinya: "Ya Allah, kuatkanlah keislaman dan keimanan kaum muslimin (pria) dan muslimat (wanita), kaum mukminin (pria) dan mukminat (wanita), yang masih hidup dari mereka semua dan juga yang sudah meninggal, mudahkanlah mereka untuk mengokohkan agama, akhirilah (hidup) kami dari-Mu dengan kebaikan, wahai Tuhan sebaik-baik penolong, dengan rahmat-Mu wahai Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua penyayang,"

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here