Tarjih

Tarjih

MediaMU.COM

Jul 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Q & A AD-DIN 33: Gadhul Bashar

Queston: apakah itu gadhul bashar, siapakah yang diperintahkan untuk gadhul bashar didalam islam dan apakah fungsi nya?

Answer: gadhul basar merupakan arahan agama yang memerintahkan kepada umatnya untuk menundukkan pandangan atau menjaga dari pada pandangan nya dari hal-hal yang di haramkan kepada mereka, hal ini telah dijelaskan didalam Al-Qur’an yang berbunyi:

قُلْ لِّلْمُؤْمِنِيْنَ يَغُضُّوْا مِنْ اَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوْا فُرُوْجَهُمْۗ ذٰلِكَ اَزْكٰى لَهُمْۗ اِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌۢ بِمَا يَصْنَعُوْنَ. وَقُلْ لِّلْمُؤْمِنٰتِ يَغْضُضْنَ مِنْ اَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوْجَهُنَّ وَلَا يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوْبِهِنَّۖ   

“Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat. Katakanlah kepada wanita yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) tampak darinya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya.” (QS al-Nur [24]:30-31). Begitu juga pada firman Allah di atas perintah ini tidak hanya diperintahkan kepada kaum laki-laki tetapi juga bagi perempuan agar dapat menahan dan menjaga pandangan nya dari sesuatu yang haram baginya. Pandangan yang di haramkan misalnya memandang lawan jenis dengan tatapan menggoda, melihat sesuatu yang haram dan lain sebagainya.

Adapun fungsi dari gadhul bashar ialah untuk menjaga kesucian hati dan jiwa dari pada hal-hal yang dapat menjadi awalan untuk berbuat kemaksiatan yang berawal dari mata yang pada akhirnya dapat menjadi musibah baginya. Selanjutnya juga dapat menjaga dari perbuatan maksiat karena tidak dapat mengendalikan pikiran yang mengarah pada syahwat dan yang terburuk dapat berlanjut pada perbuatan-perbuatan buruk dan dilarang lainnya. Serta dapat menjadi ganjaran kebaikan dari Allah swt atas perbuatan baik mencegah dari hal-hal yang tidak diingin kan juga merupakan ladang pahala bagi kita. Jadi dengan menundukan, menjaga dan membatasi pandangan kita, kita dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan dan dapat meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah swt.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here