Tarjih

Tarjih

MediaMU.COM

Jul 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Q & A AD-DIN 17: Hukum Haid Lebih Dari 15 Hari Karena KB

Question: bagaimanakah hukum nya haid melebihi 15 hari dikarenakan menggunakan KB?

Answer: Perdarahan menstruasi terjadi secara alami pada wanita. Aisyah RA pernah bercerita bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda ketika dia sedang haid: “Sesungguhnya itulah urusan yang ditetapkan Allah bagi anak-anak perempuan Adam.” (HR Bukhari dan Islam). Dalam Islam, ibadah membawa akibat hukum ketika seorang wanita sedang menstruasi. Secara khusus, terdapat larangan shalat, puasa, tawaf, dan hubungan seksual antara suami dan istri saat haid. Normalnya, wanita memiliki siklus menstruasi sekitar 1 bulan. Artinya dalam sebulan, seorang wanita yang sedang menstruasi hanya akan mendapat menstruasi satu kali saja.

 Lamanya siklus menstruasi pada setiap wanita berbeda-beda. Beberapa website kesehatan menyebutkan siklus menstruasi wanita bisa berlangsung sekitar 2 hari hingga seminggu Selain itu, wanita juga sering mengalami perubahan siklus menstruasi dari bulan ke bulan. Misalnya dalam satu bulan, seorang wanita mendapat haid selama 7 hari, namun pada bulan berikutnya, bisa jadi ia haid hanya 5 hari, atau bahkan lebih dari seminggu. Menambah atau mengurangi jumlah hari menstruasi adalah hal yang normal. Jadi, jika seseorang mengalami haid lebih lama dari biasanya, pada hakikatnya hal tersebut normal dan tetap dianggap haid asalkan dapat mengenali darah tersebut sebagai darah haid. Adapun KB merupakan salah satu alat kontrasepsi yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi pada wanita. Bagi sebagian wanita, efek alat kontrasepsi dapat menyebabkan menstruasi berlangsung lebih dari 15 hari. Lalu bagaimana pandangan agama tentang haid lebih dari 15 hari karena kontrasepsi dalam Islam?

Menurut Imaduddin Utsman Al-Bantanie dalam Buku Komprehensif Fiqih Islam Nusantara, sebagian besar ulama sepakat bahwa menstruasi pada wanita bisa berlangsung hingga 15 hari. Jadi, haid kemudian dapat digolongkan sebagai darah istihadhah. Menurut hukum syariah, istihadhah diartikan sebagai darah yang terus mengalir di luar siklus menstruasi normal seorang wanita. Pendarahan ini disebabkan oleh penyakit atau gangguan hormonal akibat penggunaan pil KB. Karena istihadah tidak termasuk darah haid, maka wanita yang menjalani istihadah wajib shalat, puasa, dan ibadah lainnya. Adapun cara bersuci dari darah istihadhah adalah sebagai berikut:

1.Cuci alat kelamin Anda

2.Lakukan pembersihan

3.Ganti baju yang terkena kotoran (darah)

4.Kenakan perban baru agar pakaian Anda bebas dari kotoran

Maka dari itu haid melebihi 15 hari diakibatkan oleh mengkonsumsi KB serupa dengan istiqhadah atau darah penyakit yang mana darah yang keluar melebihi siklus menstruasi normal nya. Namun para wanita tetap dapat melakukan ibadah syariat lainnya dengan catatan harus bersuci sebelum pelaksanaan nya.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here